Kamis, 01 Oktober 2020

Menjalankan usaha mikro bagi beberapa orang mungkin sedikit sulit, terutama dalam hal mendapatkan modal. Umumnya layanan finansial akan memberikan persyaratan yang menyulitkan dengan proses yang lama. Namun kini semuanya bisa lebih mudah dengan adanya inovasi fintech, yang mana salah satu jenis layanannya adalah peer to peer lending.

 


Berbagai Alasan Mengapa Memilih Pendanaan dengan Peer to Peer

Peer to peer lending sendiri adalah jenis teknologi finansial dimana di dalam satu buah platform akan mempertemukan antara pihak yang memberikan dana dengan pihak yang membutuhkan dana secara online. Proses peminjaman dana dengan peer to peer lending ini juga terbilang lebih praktis jika dibandingkan dengan proses peminjaman secara konvensional.

 

Pendanaan menggunakan peer to peer lending saat ini menjadi pilihan pendanaan baik bagi pemilik usaha mikro maupun pengusaha muda. Salah satu platform pendanaan peer to peer Indonesia yang banyak diakses untuk mendapatkan pinjaman dana. Ada berbagai alasan mengapa para pemilik dana memilih memberikan pendanaan dengan peer to peer lending.

 

1.     Pengembalian yang Relatif Tinggi

Alasan pertama mengapa pendanaan melalui peer to peer dianggap lebih cocok adalah karena pengembaliannya yang relatif tinggi. Suku bunga yang ditawarkan oleh Amartha bahkan mencapai 15%. Dengan memberikan pinjaman melalui platform ini, maka hasil yang Anda dapatkan pun bisa lebih tinggi dan lebih signifikan.

 

2.     Resiko Lebih Rendah

Dalam memberikan pinjaman pada umumnya, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih tinggi, maka resiko yang diambil pun bisa lebih tinggi. Berbeda dengan jika Anda memberikan pendanaan melalui peer to peer, resiko yang Anda hadapi lebih rendah.

 

Jikapun ada resiko yang perlu dikhawatirkan adalah apabila terjadi default atau saat peminjam tidak bisa mengembalikan uangnya. Resiko inipun bisa semakin diperkecil dengan kebijakan yang diberikan oleh masing-masing platform penyedia layanan peer to peer ini.

 

3.     Dapat Memberikan Dampak Langsung untuk Sosial

Ini adalah keunggulan yang tidak akan Anda dapatkan dari platform peer to peer lainnya selain Amartha. Dengan memberikan pendanaan disini, Anda juga turut berpartisipasi dan memberikan dampak sosial secara langsung. Hal ini dapat terwujud karena metode pendanaan ini melibatkan pengembangan manusia dan lingkungan secara seimbang.

 

Platform ini bertekad untuk mendorong para pemilik usaha mikro, terutama perempuan yang tinggal di desa untuk menjadi lebih mandiri. Dengan begitu akan tercipta kesejahteraan yang merata bagi masyarakat. Selain itu, penerapan peer to peer ini diharapkan juga berperan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

 

Setelah mengetahui apa itu fintech, sistem yang diterapkan dan berbagai alasan mengapa banyak pemilik usaha mikro memanfaatkannya, kini Anda tahu apa saja keunggulan metode pendanaan ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan teknologi finansial, tidak hanya kemudahan yang bisa didapatkan, namun juga keuntungan yang lebih.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts