Jumat, 25 Desember 2020

Fresh graduate, Anda wajib mengikuti pembahasan tentang tips dan contoh lamaran kerja dibawah hingga akhir. Ini karena untuk bersaing di perusahaan, pengalaman para fresh graduate masih kurang dari kandidat lain yang sebelumnya sudah pernah bekerja. Tawaran lowongan pekerjaan memang tidak pernah sepi peminat, apalagi yang menawarkan merupakan perusahaan-perusahaan besar dan ternama di wilayah masing-masing.


Perusahaan-perusahaan tersebut sangat terbuka dan menggiurkan bagi entry-level maupun individu yang baru saja menyelesaikan pendidikannya seperti Anda. Tidak sedikit pula perusahaan besar lebih mengutamakan pengalaman kerja para pelamar sebagai pertimbangan besar. Jadi, jika Anda tidak memiliki satupun pengalaman keorganisasian maupun kerja, maka kecil kemungkinan berhasil hingga tahap penerimaan.

Pentingnya Mengetahui Contoh Lamaran Kerja Beserta Tipsnya!

Pengalaman magang, organisasi hingga keikutsertaan dalam sebuah kepanitiaan menjadi hal berharga bagi para pelamar kerja. Anda yang cukup aktif dalam beberapa kegiatan penting selama berkuliah tentu diuntungkan dengan pengalaman tersebut. Akan tetapi, tidak semua fresh graduate memiliki pengalaman serupa karena sibuk menghabiskan waktu di bangku kelas. Terlalu fokus belajar memang ada sisi baik dan buruknya, seperti kurang pengalaman namun memiliki kemampuan yang andal. Jangan khawatir, Anda bisa belajar beberapa tips mengirim lamaran kerja ke perusahaan tertarget berikut ini.

1. Kirim Lamaran Kerja dengan Menyertakan Blog Pribadi

Jangan takut menyertakan blog atau website pribadi ketika Anda mengirim lamaran kerja ke suatu perusahaan. Tunjukkan kepada pihak perekrut bahwa Anda orang yang memiliki kemampuan dan minat dalam dunia blogging. Dari blog pribadi tersebutlah perusahaan akan memberi nilai tambahan kepada para pelamar kerjanya. Jangan pernah lupakan tips ini ketika posisi pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan kemampuan tersebut. Selain alamat blog, tunjukkan kemampuan mengolah dan membuat konten yang dimiliki kepada perusahaan.

Jika belum punya blog pribadi, tenang saja karena Anda dapat bertahap mempelajarinya. Di blog tersebut, Anda bebas mengekspresikan diri dan kemampuan seperti coding, musik, desain, karya foto dan sebagainya.

2. Pelajari Deskripsi dari Pekerjaan (Job Desc)

Ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat? Silahkan pelajari deskripsi dari pekerjaan atau job desc dari perusahaan tempat melamar kerja masing-masing. Anda dapat membuat resume dan cover letter yang menarik serta mampu meyakinkan perusahaan melalui pemahaman tersebut. Sebagai contoh, jika perusahaan penerbit membutuhkan tenaga kerja desain grafis. Maka yang perlu Anda sampaikan dalam berkas lamaran adalah keahlian mengoperasikan software-software desain, berikut dengan portofolio atau karya yang pernah diciptakan. Sertakan juga pengalaman Anda selama bekerja di bidang tersebut, dengan demikian akan menjadi nilai tambah tersendiri.

3. Memiliki Relasi Atau Teman

Mendapat rekomendasi langsung dari teman atau relasi yang bekerja di perusahaan yang Anda lamar merupakan cara efektif mendapat pekerjaan. Cara ini bisa membantu Anda dengan cepat dan mengalahkan kandidat pelamar kerja lainnya. Mintalah kepada teman atau relasi di perusahaan tertarget untuk merekomendasikan CV ke pihak perekrut. Tidak mungkin jika perusahaan tidak mempertimbangkan lamaran kerja Anda yang sudah mendapat rekomendasi dari orang dalamnya. Selain pihak dalam, pihak luar seperti dosen kampus, teman atau atasan dari pekerjaan sebelumnya juga bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja ini. Lamaran pekerjaan dari seseorang yang mendapat rekomendasi selalu diprioritaskan atau didahulukan oleh pihak perekrut.

Jika Anda ingin sukses dalam mendapat pekerjaan, segera ikuti tips dan contoh lamaran kerja di atas. Selamat mencoba, semoga beruntung di lamaran pertama!

Deskripsi: Contoh lamaran kerja dan tips untuk fresh graduate yang hendak melamar kerja sudah dapat dipelajari. Seperti informasi berikut tips dan contoh melamar kerja.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts