Minggu, 14 Maret 2021

Wawancara pekerjaan menjadi salah satu masalah bagi banyak orang. Pasalnya, banyak para pelamar pemula yang belum memiliki pengalaman melakukan wawancara dengan pihak perusahaan. Rasa takut gagal pun mungkin membayangi dan seringnya berdampak pada penampilan ketika wawancara dilakukan.

Umumnya, tim Human Resources dari sebuah perusahaan tak hanya melihat penampilan dan jawaban yang kamu berikan, namun juga gestur tubuh kamu selama wawancara. Hal ini menunjukan apakah kamu benar-benar serius dalam pekerjaan tersebut atau tidak.


Bagi kamu yang akan melakukan wawancara kerja pertama kali, berikut trik jitu yang perlu kamu tahu!

1.      Kenali Perusahaan Lebih Dalam

Penting untuk mengenal perusahaan yang mengundang kamu wawancara. Cari informasi lebih dalam mengenai profil perusahaan, jobdesk yang akan dikerjakan hingga budaya perusahaan tersebut. Semua informasi bisa kamu temukan dengan mudah di situs perusahaan terkait.

Perlu diingat juga bahwa kamu harus mencari rekam jejak perusahaan dan review dari karyawan yang pernah bekerja di sana. Semakin baik review yang diberikan, semakin bagus reputasi perusahaan tersebut dimata para pencari kerja.

2.      Perhatikan Penampilan

Sebagai seseorang yang datang untuk wawancara kerja, maka kamu harus memperhatikan penampilan. Pilih baju mana yang sopan dan layak untuk dipakai dalam wawancara kerja. Jangan lupakan juga mengenai sepatu dan tatanan rambut.

Di luar itu, kamu perlu melakukan kontak mata dan tersenyum selama wawancara berlangsung. Hal ini akan membuat kamu terlihat lebih percaya diri dan terkesan ramah. Penampilan juga menjadi hal yang diperhatikan selama wawancara berlangsung, jadi pastikan kamu memberikan kesan yang baik di wawancara tersebut.

Pastikan juga kamu datang tepat waktu agar memberikan kesan kamu serius dalam bekerja. Kamu bisa menggunakan Suzuki Bekasi untuk kendaraan yang nyaman dan tentunya memiliki kualitas maksimal.

3.      Utarakan Kekurangan Diri Secara Jujur

Saat sesi wawancara, pihak perusahaan biasanya akan menanyakan mengenai kelebihan kamu. Bahkan, mereka akan bertanya kekurangan apa yang kamu miliki. Alih-alih berbohong, kamu hanya perlu berkata jujur dengan kekurangan yang kamu punya.

Jelaskan secara jujur apa saja kekurangan kamu dengan kesan yang positif. Misalnya, jika kamu memiliki kekurangan di public speaking, jelaskan alasannya secara singkat dan berikan upaya apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Hal penting yang perlu dicatat adalah jangan berbohong mengenai kekurangan kamu. Jawaban yang terkesan mengada-ngada hanya akan mengurasngi nilai kamu di mata perusahaan.

Selain tiga hal tersebut, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal jika akan melakukan wawancara di masa pandemi. Jangan lupa memakai masker dan membawa hand sanitizer, jika wawancara dilakukan secara langsung di perusahaan.

Namun, jika wawancara dilakukan secara online, maka kamu perlu mempersiapkan gadget dan platform yang akan digunakan. Pastikan juga bahwa kamu tetap menggunakan pakaian yang rapi dan bersih. Meski dilakukan jarak jauh, penampilan tetap harus diperhatikan, ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts